Sup Ikan di Taman Taktakan

13 Oct 2010

sopikananyer2

Ceritanya panjanggg sampai kami bisa ‘terdampar’ menikmati liburan akhir pekan kemarin. Tapi seperti kata Wicak di blognya “Considering all that weve been through this couple of month, liburan kali ini memang perlu dan well deserved ;)

Karena sedang berlibur, saya benar-benar tak ingin melakukan apa-apa (halah). Duduk-duduk di tepi pantai sambil minum es kelapa muda, makan-makan enak tanpa perlu memasak :mrgreen: Ah, enjoy the sunshine and feel the air ..

rmtamantaktakanSelepas piknik makan siang dengan bekal dari rumah dan bermain pasir membuat istana, kami keluar lagi dari hotel mencari makanan lain khas tepi pantai. Ikan bakarr!

Tidak tahu mau kemana, kami memilih rumah makan terdekat dari hotel. Plang besar di depan rumah makan tertulis Soup Ikan R. M Taman Taktakan.

Rumah makan tersebut tampak baru. Bangunan dan semua perabotan masih terlihat bersih dan mengkilat. Bangunan didesain dengan langi-langit tinggi sehingga karena tidak ada pengunjung lain, timbul gema setiap kali bersuara cukup kencang. Anak-anak malah jadi senang berteriak-teriak. Toilet dan wastafelnya bagus sekali dan bersih. Suasananya juga masih sangat sepi.

Rumah makan ini mungkin memang sengaja desain ‘agak mewah’ untuk menarik pengunjung yang menginap di Hotel Marbella. Kebetulan rumah makan ini memang berada tepat di depan hotel besar tersebut.

Rumah Makan Taman Taktakan ini kemudian saya lihat ada di sepanjang jalan Anyer. Mungkin banyak cabangnya. Taktakan sendiri adalah nama sebuah kecamatan di kota serang. Mungkin awalnya rumah makan ini berasal dari sana.

Menu yang disodorkan cukup beragam. Sewaktu saya menanyakan apakah semua masakan dalam daftar menu ini tersedia semua, mas-mas pelayannya mengangguk mengiyakan. Woah padahal lumayan banyak juga loh daftarnya. Dengan suasana yang sepi karena bukan waktu liburan tadinya saya ngga terlalu berharap mendapatkan menu yang kumplit.

sopikananyer1Pilihan masakan yang ditawarkan membuat kami lupa pada ikan bakar yang kami inginkan sebelumnya. Setengah porsi sup ikan adalah pilihan pertama saya. Kenapa memilih setengah? Karena satu porsi sup ikan di bandrol seharga Rp.85ribu rupiah padahal saya masih kenyang dan hanya ingin mencicipi. So setengah it is :P

Wicak memesan kepiting saus mentega (dan karena kepingin kepiting juga, saya juga memesan kepiting saus padang). Untuk beberapa masakan ada pilihan porsi yang diinginkan. Kami memesan semua masakan setengah porsi. Setiap setengah porsi harganya sekitar Rp40 - 45ribu.

Karena anak-anak tidak mau makan mereka saya pesankan es jeruk saja tanpa es :lol:

Sup ikan yang datang pertama kali . Untuk ukuran setengah porsi, sup ini lumayan banyaak. Ditaruh dalam mangkuk besar, sup ini berisi tiga potongan besar daging ikan .. ah saya lupa menanyakannya, potongan tomat hijau, kemangi dan daun bawang yang rasanya baru dimasukkan sesaat sebelum dihidangkan sehingga masih segar, lalu taburan bawang putih goreng.

Kuahnya sendiri terasa gurih dengan aroma dan rasa dari jahe dan sereh. Pokoknya enaaaaak! Ngga bohong deh. Segar dan nyaman banget di perut.

Kepiting sausnya juga mantapp. Kepitingnya sih memang agak kecil sehingga suka mendapatkan dagingnya. Tapi sausnya melimpah ruah. Pokoknya ngga pelit bumbu deh.

Saus menteganya gurih dan agak pedas. Ada aroma ‘goreng’ saat kita menggigiti kepiting mencari dagingnya. Kita menduga kepitingnya memang di deep fried dulu baru dimasak dengan sausnya. Top!

Saus padangnya pedasaaaass tapi segar banget. Rasa saus padang seperti ini nih yang sedang saya cari-cari bumbunya. Woah top kuadrat!

Saya tidak tahu bagaimana proses memasaknya di dapur rumah makan tersebut tetapi rasa dan aroma sausnya cukup segar, tidak seperti saus yang ‘dihangatkan kembali’.

Untuk ukuran rumah makan (cabang) yang baru buka, rumah makan ini sangat memuaskan. Kalau saya kembali lagi ke Anyer suatu hari nanti, saya pasti akan mampir untuk makan di sana lagi. Semoga saja rumah makan ini bisa menjaga mutu masakan, pelayanan, dan kenyamanannya seperti saat ini.

Soup Ikan R.M Taman Taktakan
Jl. Raya Anyer (Depan Hotel Marbella)
Anyer


TAGS soup ikan sup ikan rumah makan taman taktakan anyer


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post