Tempe Kuah Santan

2 Nov 2012

0cd9617d4a2071ee4cb05f52aa2099eb_tempesantan

Masakan dengan nama ‘Something Kuah Santan’ selalu jadi andalan kalau punya bahan makanan yang sudah lama didalam kulkas terutama sih bahan-bahan seperti tempe dan tahu.

Saya menggunakan tempe yang sudah 3 hari tersembunyi dibalik kotak-kotak bahan pangan. Sayang dibuang dong tapi kalau digoreng atau dibalut tepung pun akan terasa ketidaksegaran si tempe. Jadi cara paling jitu sih memang memasaknya dalam masakan berbumbu dan berkuah gurih.

Biasanya sih saya membuat sambal tumpang. Tapi sedang tidak ada yang makan karena suami sedang ada kerjaan plus makan malam di tempat liputan. Dan lagi tidak punya sayuran untuk pendamping si sambal. Jadi kuah santan nan pedas jadi pilihan utama. *Lagi ngga kepikir cara lain*

Juga pas banget di DapurMasak ada yang memasak Tempe Kuah Santan ini jadi lumayan, sekali memasak bisa untuk makan malam, mengupdate blog, dan menambah poin di DapurMasak dengan me-recook resep lain :mrgreen:

Tempe Kuah Santan

Bahan:

  • 1 potong tempe, potong kotak
  • 4 buah cabai merah, iris serong
  • 4 buah cabai hijau, iris serong
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 300 ml santan cair
  • Minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan cabai merah dan cabai hijau, masak hingga agak layu
  2. Masukkan tempe, tambahkan garam, gula, kecap, daun jeruk dan santan, aduk rata
  3. Masak di atas api sedang hingga air berkurang setengahnya, aduk sesekali supaya santan tidak pecah
  4. Angkat dan sajikan hangat

Porsi: 3 orang


TAGS tempe santan kecap


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post