Ungkeb Kambing Kecap

2 Nov 2012

c66037e45f08378179243a61c76d46bd_ungkebkambing3

Sebenarnya sih ini daging kambing yang dimasak ulang. Bosan makan kari, saya meremake masakan kari kambing yang kuahnya mulai habis menjadi ungkeb kecap ini.

Rasanya jadi empuk banget dan gurih mungkin karena sudah dimasak berulang kali ya? Waah, ini guilty food banget deh. Bener-bener ngga direkomen buat yang kolesterolnya tinggi. Hihi #kode ;)

Kalau memang mau memasak dengan cara seperti saya, mudah saja. Kalau kuah kari sudah sangat tiris alias habis tinggal cuci daging kambingnya dengan air bersih. Lalu tiriskan air dan masak dengan cara mengungkeb daging dengan air, kecap, irisan bawang dan cabai merah plus tambahan gula dan garam. Gunakan airnya sedikit saja supaya cepat tiris. Jadilah ungkeb kambing kecapnya :mrgreen:

Tapi kalau mau cara dari awal ngga masalah kok. Cara membuat dan bumbunya relatif sama hanya saja waktu memasak lebih lama.

Ungkeb Kambing Kecap

Bahan:

  • 500 gram daging kambing, potong kecil, rebus hingga agak empuk
  • 6 buah bawang merah, iris halus
  • 3 buah cabai merah, iris halus
  • 2 batang serai, memarkan
  • 1 cm lengkuas, memarkan
  • 6 sdm kecap manis
  • 400 ml air kaldu
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • Minyak untuk menumis
  • 1 buah jeruk limo

Cara membuat:

  1. Tumis irisan bawang merah dan cabai merah hingga layu, masukkan daging aduk rata
  2. Tambahkan serai, lengkuas, air, kecap, garam, gula, lada dan pala, aduk rata
  3. Masak hingga daging empuk dan air meniris
  4. Angkat dan kucuri dengan perasan jeruk limo
  5. Sajikan panas

Porsi 4 orang


TAGS kambing ungkeb kecap hidangan idul adha


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post