• 2

    Sep

    Terong Medan Cabai Hijau

    Mba Dewi, seorang teman di page masukdapur di facebook, bertanya soal masakan Padang yang berupa campuran terong medan, teri, dan cabai hijau yang pernah beliau cicipi di warung makan Padang di dekat Mesjid Kubah Emas, Sawangan, Depok. Saya memang belum pernah mencicipi masakan tersebut tetapi masakan Padang apapun itu selalu menggugah selera. Suster yang merawat ayah mertua di rumah kebetulan orang Padang tetapi ia tidak tahu soal masakan ini. Jadi seperti biasa saya mencoba bereksperimen saja dengan sambal cabai hijau plus tambahan terung medan dan teri garing. Terong medan dikenal juga dengan nama terong telunjuk. Terong yang berbetuk panjang dan mirip mirip jari ini berwarna dengan garis-garis putih. Ukurannya tidak terlalu besar. Biasanya terong ini diolah menjadi semur, balado
  • 31

    Aug

    Entog Cabe Ijo

    Sewaktu bikin pedesan entog kemarin, saya menyisakan setengah bagian dari satu ekor entog yang sudah direbus. Kepengen makan masakan padang, saya tertarik membuat itik lado mudo. Tapi berhubung tak punya itik jadi entog pun jadilah ;) Selidik-selidik ternyata itik lado mudo yang terkenal itu sarat rempah dan bumbu plus santan. Saya pikir hanya racikan cabai hijau, bawang dan tomat seperti layaknya membuat sambal cabai hijau padang. Ternyata itik lado mudo lebih dikenal dengan nama gulai itik lado mudo, embel-embel gulai tentu saja langsung merubah semua persepsi :mrgreen: Kebetulan suster yang merawat bapak mertua di rumah berasal dari padang, ia meracik dan membuat masakan entog cabai hijau ini. Saya bertanya-tanya, dengan resep sama dan bahan yang sama apakah beda kalau yang membuat
  • 24

    Aug

    Ayam Panggang Sambal Bangkok

    Repost Wicak pernah membawakan saya Chicken Grill With Mongolian sauce. Waks namanya aja sudah enak Ayam yang dipanggang dan dinikmati bersama saus mongolia ini dilengkapi dengan tumisan bawang bombay dan kacang polong dan sedikit side salad dengan saus yang yummi banget! Saus saladnya saya rasa adalah thousand island dengan resep rahasia sesuai nama tempat di mana suami saya ini membeli makanan dengan nama yang enak tersebut ;) Saus mongolianya enak banget.. langsung kaan pengen nyoba bikin. Googling resepnya tapi ternyata susah banget dan ngga ketemu Emang rahasia kali yaa .. Akhirnya saya membuat ayam panggang a la saya sendiri dengan sambal bangkok sekedarnya (karena Wicak bilang sambal bangkok enaknya pakai nanas ;) ) dilengkapi dengan tumisan bawang bombay dan kacang polong pl
  • 19

    Aug

    Gepuk Daging

    Payah deh penghematan bulan ini tak berjalan dengan lancar :P Ditawarin daging has oleh tukang sayur langsung kepikiran bikin gepuk bukannya berusaha meredam keinginan. Padahal kemarinnya baru saja makan ayam kodok. Sigh! .. Bulan puasa begini semua harga tiba-tiba naik .. bukan tiba-tiba sih memang sebelumnya juga sudah naik dengan peningkatan yang ngga masuk akal eh ngga masuk kantong Semakin kita menyalahkan pemerintah dengan kebijakannya yang berubah-rubah dan sama sekali ngga bijak, semakin sakit hati kitanya. Menerima dengan pasrah juga sebenarnya bukan solusi yang sehat tapi yah tapi yah saya tidak tahu mau bilang apa .. Penghematan skala rumah tangga memang solusi nyang paling mujarab untuk diterapkan bagi saya guna memenuhi semua kebutuhan utama terutama kebutuhan akan pendid
  • 10

    Aug

    Toge Goreng Dereded

    Entah kenapa minggu kemarin tiba-tiba saja pengen toge goreng. Toge goreng enak sudah tentu harus di cari di Bogor. Kebetulan banget hari minggunya kami sekeluarga memang berencana untuk ke Bogor. Sudah lama tak pernah jalan-jalan di Bogor saya bertanya pada adik saya dan mba dee rumahkayu kira-kira dimana toge goreng yang enak. Adik saya bilang di dekat rumah ada toge goreng yang menurutnya enak walau ibu saya tidak sependapat dengannya. Mba dee menginformasikan beberapa tempat makan toge goreng yang mungkin bisa didatangi: toge goreng depan rumah makan Bogor Permai, toge goreng di Taman Topi jalan menuju BRI, dan toge goreng dekat Asinan Gedung Dalam. Saya yang juga kepengen asinan bogor (haha segala pengen) langsung berniat untuk mampir ke toge goreng dekat Asinan Gedung dalam dulu

Author

Follow Me

Search

Recent Post