• 3

    Nov

    Pao Wortel Isi Coklat

    Hari ini hujan gerimis cukup deras dari sejak pagi. Enaaak banget selonjoran di depan TV peluk-peluk anak-anak yang masih tidur lelap. Sudah jam 7 lebih tapi udara dan cahaya matahari diluar masih seperti jam 6-an menduung sekali. Sayang suami sedang ada liputan di luar kota jadi ngga bisa menikmati sabtu pagi gerimis bersama. Duh, pengennya sih selonjoran terus selimutan  tapi kalau anak-anak bangun paassttii ribut minta makanan. Jadi mulai deh buka kulkas cari-cari apa yang bisa dimasak untuk sarapan. Ngga tahu mau masak apa untuk sarapan anak-anak, saya memutuskan membuat bakpao saja. Ingat pada resep pao di DapurMasak yang pao-nya dibentuk lucu, saya pikir boleh juga mencoba membuatnya. Anak-anak pasti senang. Pas sewaktu adonan mengembang dan saya sedang menghias, si sulu
  • 2

    Nov

    Tempe Kuah Santan

    Masakan dengan nama ‘Something Kuah Santan’ selalu jadi andalan kalau punya bahan makanan yang sudah lama didalam kulkas terutama sih bahan-bahan seperti tempe dan tahu. Saya menggunakan tempe yang sudah 3 hari tersembunyi dibalik kotak-kotak bahan pangan. Sayang dibuang dong tapi kalau digoreng atau dibalut tepung pun akan terasa ketidaksegaran si tempe. Jadi cara paling jitu sih memang memasaknya dalam masakan berbumbu dan berkuah gurih. Biasanya sih saya membuat sambal tumpang. Tapi sedang tidak ada yang makan karena suami sedang ada kerjaan plus makan malam di tempat liputan. Dan lagi tidak punya sayuran untuk pendamping si sambal. Jadi kuah santan nan pedas jadi pilihan utama. *Lagi ngga kepikir cara lain* Juga pas banget di DapurMasak ada yang memasak Tempe Kuah Sant
  • 2

    Nov

    Ungkeb Kambing Kecap

    Sebenarnya sih ini daging kambing yang dimasak ulang. Bosan makan kari, saya meremake masakan kari kambing yang kuahnya mulai habis menjadi ungkeb kecap ini. Rasanya jadi empuk banget dan gurih mungkin karena sudah dimasak berulang kali ya? Waah, ini guilty food banget deh. Bener-bener ngga direkomen buat yang kolesterolnya tinggi. Hihi #kode ;) Kalau memang mau memasak dengan cara seperti saya, mudah saja. Kalau kuah kari sudah sangat tiris alias habis tinggal cuci daging kambingnya dengan air bersih. Lalu tiriskan air dan masak dengan cara mengungkeb daging dengan air, kecap, irisan bawang dan cabai merah plus tambahan gula dan garam. Gunakan airnya sedikit saja supaya cepat tiris. Jadilah ungkeb kambing kecapnya :mrgreen: Tapi kalau mau cara dari awal ngga masalah kok. Cara membuat
  • 1

    Oct

    Ayam Kuluyuk

    Seringg banget penasaran sama nama suatu jenis masakan. Misalnya seperti ayam kuluyuk ini. Kenapa bisa kuluyuk? Kuluyuk apa sih? Walau Google sering banget membantu menemukan informasi yang saya cari tetapi ngga jarang juga soal arti nama-nama jenis masakan ngga saya temukan infonya. Ayam kuluyuk adalah salah satu masakan yang sering banget kita temukan di rumah makan yang menyajikan masakan khas Cina. Beberapa masakan khas Cina itu kelihatanya saja cuma ditumis melulu tetapi yang membuat seru adalah bahan-bahannya yang beragam dan berwarna-warni. Enak, segar dan untuk beberapa masakan kadang mudah dibuatnya. Untuk ‘juru masak’  rumahan kayak saya itu yang paling asyik. Masak cepat dan gampang tapi sedap :mrgreen: Filosofi masakan Cina adalah makanan harus memuas
  • 22

    Sep

    Garang Asem Ayam

    Pertama kali mencicipi garang asam di warteg di daerah dekat kompleks. Waktu itu iseng mengajak Wicak dan anak-anak untuk jalan pagi mencari sarapan karena seperti biasa, mamanya malas masak :P Agak berjalan cukup jauh dari rumah ada warung kecil di pinggir jalan yang menjual urap, garang asem, dan masakan jawa lainnya. Karena sudah lapar jadi kami mampir. Anak-anak saya pesankan soto dan saya juga Wicak mencicipi garang asamnya yang kebetulan tinggal dua bungkus lagi. Waah super banget. Ayamnya empuk dan gurih. Tetapi yang jadi juara justru kuahnya yang gurih, asam, manis. Enak enak enak! Pengen nambah tapi ngga ada lagi. Huhuhu. Kalau tidak salah garang asem itu makanan khas Tuban, Jawa Tengah. Kalau menurut saya rahasia masakan ini adalah pembungkusnya. Kalau bungkus pisangnya ra

Author

Follow Me

Search

Recent Post