• 31

    Dec

    Sambal Kerinca

    Tulisan itu dibuat untuk mengikuti kontesBlogger Jagoan Masak Beberapa bulan yang lalu saya mencoba membuat buntil dari daun singkong dan daun pepaya. Saya agak terlalu banyak membuat isi buntil yang berupa campuran teri dan kelapa parut sehingga masih ada sedikit sisa yang belum terpakai yang saya simpan di dalam lemari es. Esoknya sewaktu ingin membuat sambal leunca yaitu tumisan cabai merah, tomat, dan bawang putih plus leunca, saya iseng menambahkan sisa isi buntil itu kedalam tumisan sambel. Hasilnya ternyata lumayan juga. Selain jadi sambal bisa dinikmati juga sebagai lauk.Nah, itu kenapa namanya jadi Sambal Kerinca maksudnya singkatan dari kelapa teri dan leunca. Halah. Untuk resep keempat dalam lomba Blogger Jagoan Ngeblog ini saya mencoba memasak lagi sambel kerinca ini. S
  • 27

    Dec

    Sambal Kutai

    Tulisan itu dibuat untuk mengikuti kontesBlogger Jagoan Masak Waktu buka-buka kumpulan resep sambal di Aplikasi Masak Apa untuk diikutkan dalam lomba Blogger Jagoan Masak, saya langsung penasaran dengan Sambal Kutai. Saya banyak mengumpulkan dan membuat beberapa resep sambal. Jadi sebenarnya jenis sambal apapun selalu menbuat saya penasaran :mrgreen: Sambal Kutai adalah salah satu dari banyak jenis sambal yang saya baru dengar namanya. Keterangan tentang sambal kutai dijelaskancukup lengkapdi Detikfood dalamSambal Istimewa untuk Para Raja. Dari beberapa resep lain yang saya lihat, sambal kutai juga menggunakan tempe, udang dan kerang kampak bahkan petai. Saya belum pernah mencicipi sambal ini jadi belum terbayang bagaimana rasanya dan bentuknya. Sambal ini disebutkan tidak selalu h
  • 26

    Dec

    Roti Lapisan Sayuran

    Tulisan itu dibuat untuk mengikuti kontesBlogger Jagoan Masak Tampilan foto makanan yang bagus selalu deh menggiurkan. Lagi bingung cari-cari mau bikin apa yaa buat cemilan untuk suami nanti malam yang sekaligus bisa sekalian ikutan lombaBlogger Jagoan Masak, saya tertarik dengan Roti Lapis Sayuran di Aplikasi Masak Apa. Fotonya cakep deh pas lihat bahan dan langkah pembuatannya juga mudah saya memutuskan untuk membuat penganan ini saja. Tapi eh tapi duuh kok males yaah pergi sebentar ke minimarket untuk membeli roti tawar. Jadii saja saya pakai cara sulit deh, membuat adonan roti dulu :mrgreen: Padahal sebenarnya mudah loh hanya pakai roti tawar yang dilapisi adonan rogut dan keju parut lalu dipanggang. Nah, berhubung pertama saya ngga punya roti; kedua saya ngga punya keju cheddar
  • 19

    Dec

    Selai Stroberi Buatan Sendiri

    Tulisan itu dibuat untuk mengikuti kontes Blogger Jagoan Masak Beberapa waktu lalu kami sekeluarga mengunjungi kota Bandung. Bukan dalam rangka liburan sih. Kebetulan saja suami saya ada urusan pekerjaan disana dan mengajak kami semua ber-wiken-an di kota kembang ini. Sebenarnya kami tak punya rencana ‘mau ngapain nih di Bandung’ jadi rencananya adalah rencana dadakan. Memetik stroberi di lembang adalah salah satu rencana yang muncul sambil berkendara menyusuri jalan-jalan yang tepinya sekarang sarat banget sama toko dan restoran. Ah Bandung meni asa sararempit ayeuna mah .. Jadilah kami memetik stroberi dan membawa pulang hampir sekilo buah merah itu ke rumah. Seminggu lamanya tidak tersentuh (walau sudah diwanti-wanti suami untuk segera diolah) akhirnya saya buat jug
-

Author

Follow Me

Search

Recent Post