• 27

    Dec

    Sambal Kutai

    Tulisan itu dibuat untuk mengikuti kontesBlogger Jagoan Masak Waktu buka-buka kumpulan resep sambal di Aplikasi Masak Apa untuk diikutkan dalam lomba Blogger Jagoan Masak, saya langsung penasaran dengan Sambal Kutai. Saya banyak mengumpulkan dan membuat beberapa resep sambal. Jadi sebenarnya jenis sambal apapun selalu menbuat saya penasaran :mrgreen: Sambal Kutai adalah salah satu dari banyak jenis sambal yang saya baru dengar namanya. Keterangan tentang sambal kutai dijelaskancukup lengkapdi Detikfood dalamSambal Istimewa untuk Para Raja. Dari beberapa resep lain yang saya lihat, sambal kutai juga menggunakan tempe, udang dan kerang kampak bahkan petai. Saya belum pernah mencicipi sambal ini jadi belum terbayang bagaimana rasanya dan bentuknya. Sambal ini disebutkan tidak selalu h
  • 22

    Jan

    Sambal Oncom

    Wuaa, lama banget ngga ngeblog. Posting terakhir tanggal 6 Januari :mrgreen: Perasaan lagi rusuh banget padahal ngga ada apa-apa. Sok sibuk aja hehehe. Sempat bikin laksa beberapa waktu yang lalu, masih ada sisa oncom dan kemangi yang akhirnya saya masak saja jadi tumis oncom yang pedas. Lumayan buat cocolan sama ikan goreng. Ada teman yang pernah bertanya, “Hes, bagaimana sih menyusun resep? Dapet idenya gimana caranya?” Saya tertawa saja. Bukan karena ide bertebaran dalam kepala saya. Saya mah jarang punya ide bagus untuk menghasilkan masakan luar biasa. Yang sederhana-sederhana saja. Lagipula ide saya hanya berkisar soal tumisan dan tumisan :P Ide muncul biasanya saat saya memang kehabisan bahan atau saat tukang sayur tidak membawa banyak sayuran atau bahan yang saya bu
  • 9

    Dec

    Sambal Terong

    Kamera rusak. Huhu. Mungkin mau mendapat rezeki berupa kamera baru yang lebih canggih ya ;) Amin. Kamera ponsel saya tidak mendukung photoblogging tetapi lumayan deh sembari menunggu kamera baru. Hampir dua tahun lalu sewaktu saya masih sering berbelanja di warung sayur dekat jalan setiap kali mengantar Wicak naik angkot untuk ke kantor, seorang ibu pernah memberitahu saya berbagai cara memasak terong. Salah satunya adalah dibuat sambal. Beliau tidak menjelaskan secara detil resepnya tetapi idenya memang bagus. Waktu itu saya sama sekali tidak suka terong. Jadi ide menyambal terong itu tidak cepat dilaksanakan. Tapi waktu memang bisa membuat selera makan seseorang berubah. Jadi lebih gembul seperti saya misalnya :mrgreen: Sambal ini memanfaatkan lembeknya terong yang digoreng untuk me
  • 24

    May

    Ayam Sambal

    Woaa buru buru buru sudah jam lima tapi kerjaan belum beres dan bapak belum minum obat dan sebentar lagi hujan turun :P Seperti yang pernah saya bilang kalau saya sedang senang masak dengan bumbu dan jenis masakan yang sama maka setiap hari saya akan memasaknya berulang kali selama seminggu hanya saja berganti bahan utama. Hehe .. Kalau kemarin lalu membuat sambal kangkung sekarang saya membuat ayam sambal. Ayam Sambal Bahan: 1/2 ekor ayam, potong 6, goreng setengah matang 8 cabai merah, iris serong 5 cabai rawit hijau, iris kecil 1 buah tomat merah ukuran besar, potong kecil-kecil 3 siung bawang putih, iris halus 1/2 sdm terasi matang 1/2 sdt garam 1 sdm gula pasir 5 sdm minyak untuk menumis 1 cangkir air matang Cara membuat: Tumis cabai merah, cabai r
  • 18

    May

    Sambal Kangkung

    Hari Jumat yang lalu ayah mertua pulang dari rumah sakit setelah menjalani rawat inap sekitar 2 minggu. Keadaannya memang tidak lebih baik daripada sebelumnya hanya saja tekanan darahnya sudah stabil. Saya pikir hari Sabtunya kakak-kakak akan datang bersama keluarganya untuk berkumpul dan makan siang bersama tetapi ternyata tidak. Rencananya saya akan memasak cah kangkung dengan bawang putih saja supaya keponakan-keponakan bisa memakannya tetapi karena anak-anak tidak ada yang ikut jadi saya banting rencana, saya akan membuat cah kangkung yang sangat sangat pedas :shock: Sewaktu makan siang anak bungsu saya agak rewel karena mengantuk sehingga saya bilang pada Wicak silahkan saja makan siang duluan dengan kakak-kakak. Setelah semua pulang suami saya bercerita, ‘Mam, mas Agung tan
- Next

Author

Follow Me

Search

Recent Post