• 2

    Nov

    Tempe Kuah Santan

    Masakan dengan nama ‘Something Kuah Santan’ selalu jadi andalan kalau punya bahan makanan yang sudah lama didalam kulkas terutama sih bahan-bahan seperti tempe dan tahu. Saya menggunakan tempe yang sudah 3 hari tersembunyi dibalik kotak-kotak bahan pangan. Sayang dibuang dong tapi kalau digoreng atau dibalut tepung pun akan terasa ketidaksegaran si tempe. Jadi cara paling jitu sih memang memasaknya dalam masakan berbumbu dan berkuah gurih. Biasanya sih saya membuat sambal tumpang. Tapi sedang tidak ada yang makan karena suami sedang ada kerjaan plus makan malam di tempat liputan. Dan lagi tidak punya sayuran untuk pendamping si sambal. Jadi kuah santan nan pedas jadi pilihan utama. *Lagi ngga kepikir cara lain* Juga pas banget di DapurMasak ada yang memasak Tempe Kuah Sant
  • 15

    Apr

    Jagung Manis Balut Vla

    Anak bungsu saya suka sekali jagung manis. Biasanya hanya saya rebus saja. Pikir-pikir ingin mencoba cara lain. Kebetulan anak sulung saya suka vla putih yang kental, saya berencana membuat jagung manis dengan vla. Tetapi Wicak kebetulan sedang mencoba menjadi vegetarian dan menghindari mengkonsumsi susu. Sehingga saya mengganti susunya dengan santan. Sederhana saja sih saya hanya merebus santan dengan penambahan gula dan garam setelah mendidih saya tambahkan larutan maizena lalu diaduk sehingga sangat mengental. Vlanya lembuutt banget. Sementara jagung manis rebusnya garing. Perpaduan yang enak dan menarik menurut saya sih Jagung Manis Balut Vla Bahan: 3 buah jagung, pipil 250 ml santan (atau 250 air matang dicampur dengan 100 ml santan instan) 1 lembar daun pandan
  • 1

    Jul

    Ketan Mangga khas Thailand

    Sekali dua kali melihat artikel yang menampilkan dessert khas Thailand ini jadi kepingin juga mencicipi. Kepengennya sih makannya di tempat makan khas Thailand biar tahu rasa aslinya juga biar sekalian mencicipi makanan yang lainnya ;) Tapi karena sekarang agak sulit keluar rumah dan juga dalam rangka penghematan jadi bikin aja sendiri. Rasanya ngga dijamin sesuai aslinya karena ngga punya bandingannya. Hehe .. Awalnya sih sewaktu ke pasar tergoda melihat mangga gedong yang kuning kemerahan. Ternyata mangga gedong itu mahal ya? Harganya sekitar Rp.20rb per kilogram atau karena sedang tidak musim ya? Tetapi rasanya sih emang enak banget. Manissss. Walau saya masih lebih suka pada mangga harum manis dan mangga muda untuk di rujak :mrgreen: Ssshh .. Mangga Ketan khas Thailand Bahan: 1
  • 24

    Feb

    Ayam Saus Mint

    Ayam saus mint atau nama kerennya seperti yang diberikan Wicak, Chaka Chicken Mint Sauce, adalah salah satu resep yang disusun oleh kami sendiri. Bermula dari tumpukan ampas kuah pani yang sayang kalau tak dimanfaatkan. Wicak mengusulkan untuk memarinasi (merendam) daging atau ayam dengan ampas yang beraroma rempah dan dedaunan tersebut. Kemudian kami memutuskan untuk menambahkan santan ke dalamnya dan mengungkebnya hingga ayam matang. Hasilnya mungkin tampak seperti opor tetapi rasanya sedikit berbeda. Ampas pani yang beraroma dan berasa tajam dilembutkan oleh santan yang kental. Pedas gurih dan spicy ;) Ayam Saus Mint Bahan: 1/2 bagian ayam, potong sesuai selera 150 ml santan kental Ampas pani atau jika ingin membuat langsung rendamannya tanpa disaring bahan dan cara membuatnya
-

Author

Follow Me

Search

Recent Post